Apa Itu Google Cloud Platform


Apa Itu Google Cloud Platform Dan Bagaimana Cara Menggunakannya


Google Cloud Platform | Saya rasa sebagian dari sobat komputer yang berkunjung ke blog Utopicomputers sudah banyak mengenal dan menggunakan beberapa produk yang ditawarkan oleh raksasa internet Google seperti, Google Mail, Google Search, Youtube, Android, Blogger, Google Map dan lain - lain. akan tetapi taukah sobat mengenai salah satu dari produk Google yang bernama Google Cloud Platform. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas lebih dalam mengenai produk layanan dari Google yang satu ini.
Google Cloud Platform merupakan sebuah produk layanan Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang kesemuanya bertujuan untuk membuat sebuah project berbasis Cloud Computing / Komputasi Berbasis Internet agar bisa dimanfaatkan dalam skala global. adapun 4 jenis layanan tersebut adalah Google AppEngine, Google BigQuery, Google Compute Engine dan Google Cloud Storage.
Google-Cloud-Platform

Kelebihan Menggunakan Layanan Google Cloud Platform

  1. Keamanan Data : Menggunakan layanan Google cloud Platform memungkinkan kita untuk memiliki keamanan data yang sangat terjamin, hal ini merupakan faktor penting untuk membangun sebuah layanan berbasis internet.
  2. Fleksibel : Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kita simpan di Google Cloud dengan mudah dan yang perlu kita sediakan hanya akses internet. Sobat juga bisa menggunakan RESTful API agar aplikasi yang sobat buat bisa di intregrasikan dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS Apple.
  3. Data Terpusat : Penyimpanan yang terpusat sangat diperlukan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.
  4. Menghemat Biaya : Apabila kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan Google Cloud bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur system yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita.

Jenis Layanan Google Cloud Platform

Google AppEngine

Google AppEngine merupakan salah satu layanan google yang memungkinkan sobat membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web. Layanan ini mempunyai versi gratis dan berbayar yang bisa sobat gunakan, Untuk versi gratis disediakan space penyimpanan 500 MB, Kapasitas Processor dan Bandwith yang ditawarkan Google AppEngine mampu untuk 5 juta page-view setiap bulannya.
Pada saat awal di luncurkan Google AppEngine hanya mendukung bahasa pemrograman Python, kemudian dikembangkan lagi hingga mendukung teknologi Java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan Farmework Google .Website - website skala besar seperti www.khanacademy.org dibangung dengan produk layanan Google yang satu ini, dan apabila sobat ingin belajar membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan Google AppEngine, sobat bisa klik disini.

Google BigQuery

Layanan Google yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai tools untuk menganalisis data ukuran besar hingga ukutan mencapai Terabyte atau Petabite dengan membutuhkan waktu hanya hitungan detik. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi bisnis skala besar. Google BigQuery banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan besar untuk membantu menganalisis data transaksi bisnis mereka. untuk belajar menggunakan Google BigQuery sobat bisa klik link ini

Google Compute Engine

Google Compute Engine merupakan sebuah jenis layanan Cloud yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita membangun sebuah cloud server, sobat bisa mengontrol penuh mesin linux yang sobat bangun diatas server Google. Layanan ini mampu menampung aplikasi web sobat yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby atau PHP. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai Google Compute Engine, sobat bisa mengunjungi link ini

Google Cloud Storage

Google Cloud Storage merupakan salah satu produk layanan dari Google yang dikhususkan untuk para developer sebagai media untuk penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar. Layanan ini memungkinkan sobat untuk membuat sebuah layanan sharing file, sharing video atau sharing foto dengan sangat mudah tanpa memikirkan bagaimana cara membangun infrastuktur server. apabila sobat ingin mencoba layanan Google Cloud Storage sobat bisa mengklik link ini.
Bagaimana tertarik memulai menggunakan cloud computing untuk keperluan bisnis atau pembangunan project aplikasi Web, Dekstop ataupun Mobile, sekarang sobat bisa mencoba menggunakan beberapa layanan Google Cloud Platform untuk keperluan sobat komputer sekalian terlebih apabila sobat akan memulai mencoba trend pemrograman baru yaitu Cloud Programming.

Kesimpulan :
Sejauh ini, kita fokus ketiga jenis aplikasi yaitu web, Desktop dan Mobile. Kita sampai saat ini baru sekedar pemakai layanan Cloud, kita tidak pernah berpikir apakah kita juga bisa membuat layanan sekelas GMail atau Google Drive? Google memberi kesempatan pada kita untuk membangun layanan tersebute tanpa anda harus memikirkan bagaimana seting dan pengelolaan servernya secara fisik. Sebagai developer, yang perlu anda pikirkan sekarang hanya logic bisnis dan bahasa pemrograman yang anda kuasai.  Mulai sekarang, mari kita masuk tahap baru pemrograman bernama Cloud Programming. Selamat datang di Cloud Programming.
sumber :
https://www.utopicomputers.com/apa-itu-google-cloud-platform-dan-bagaimana-cara-menggunakannya/
http://belajarcloudgo.blogspot.sg/2017/02/apa-itu-google-cloud-platform.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing

Skala Horizontal vs Skala Vertikal

Tutorial Membuat Animasi Dengan Photoshop Untuk Pemula