Deployment Model Cloud Computing

Jika kita membicarakan tentang perkembangan teknologi, kita tidak bisa melewatkan tentang cloud computingCloud computing adalah penggabungan pemanfaatan teknologi komputerisasi dengan pengembangan internet. Teknologi baru ini dianggap sangat perlu bagi perusahaan saat ini. Cloud computing ini memiliki 4 deployment model yaitu private cloud, community cloudpublic cloud, dan hybrid cloud. Mari kita bahas satu persatu!

The National Institute of Standarts and Technology (NIST) memberikan penjelasannya tentang 4 deployment model cloud computing :
  • Private cloud adalah infrastruktur cloud yang dibuat untuk penggunaan eksklusif oleh suatu organisasi yang terdiri dari beberapa konsumen, seperti unit bisnis, dan lain-lain. Cloud ini dapat dimiliki, dikelola, dan dioperasikan oleh organisasi tersebut, oleh pihak ketiga, atau gabungan dari keduanya, bisa bersifat on maupun off-premise. Dibutuhkan investasi besar, namun penggunaannya tidak tergantung pada koneksi internet dan bandwidth yang tersedia juga besar.Image result for Private cloud

  • Community cloud adalah infrastruktur cloud yang dibuat untuk penggunaan oleh komunitas konsumen dari suatu organisasi yang memiliki concern yang sama, misalnya mengenai regulasi, kebijakan, dan lain-lain. Infrastruktur ini dapat dimiliki, dikelola, dan dioperasikan oleh komunitas organisasi tersebut sendiri, melalui pihak ketiga, atau gabungan dari keduanya, bisa bersifat on maupun off-premise.Image result for Community cloud
  • Public cloud adalah infrastrukur cloud yang terbuka dan dapat digunakan untuk umum. Bisa dimiliki, dikelola, dan dioperasikan oleh bisnis, akademik, organisasi pemerintahan, ataupun gabungan dari seluruhnya. Tersedia on-premise oleh penyedia layanan cloud, tidak perlu investasi untuk perawatan dan lain sebagainya.  (contoh: GoogleMail, Windows Azure, dan lain-lain)
  • Image result for Public cloud
  • Hybrid cloud adalah gabungan dari dua atau lebih model infrastruktur cloud (private, community, atau public) yang tetap memiliki entitas unik, namun saling terikat bersama oleh standarisasi atau kepemilikan teknologi yang memungkinkan data diakses secara portableHybrid cloud dapat menjadi solusi integrasi antara public cloud dan private cloud, namun infrastruktur internet harus dipikirkan secara matang untuk menjamin koneksi antara public cloud dan private cloud.
Image result for Hybrid cloud
  • sumber : http://www.erudeye.id/blog/deployment-model-cloud-computing/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing

Skala Horizontal vs Skala Vertikal

Tutorial Membuat Animasi Dengan Photoshop Untuk Pemula